Cara Mudah Setting Mikrotik Routerboard Sebagai Repeater

Seperangkat radio repeater biasanya terdiri dari penerima radio yang terhubung ke pemancar radio. Sinyal yang diterima diperkuat dan dikirim kembali, sering pada frekuensi lain, untuk memberikan cakupan di luar halangan. Penggunaan duplexer memungkinkan repeater menggunakan satu antena untuk menerima dan mengirim sekaligus.

Pada case kali ini saya akan tuliskan cara mudah melakukan setting repeater pada Mikrotik Routerboard 951 UI, berikut tahapan-tahapannya:
  • Akses RB951Ui-2HnD  dengan aplikasi winbox, dan enable-kan interface wireless-nya
  • Kemudian pilih menu bridge, dan tambahkan interface yang akan dikelompokkan ke mode bridge.

  • Tambahkan ip address pada interface bridge1, gateway dan dns server.





  • Selanjutnya konfigurasi mode wireles menjadi station bridge, scan wireless AP, sesuaikan ssid dan key wifi-nya.






  • Selanjutnya setelah registered, create virtual AP, dengan ssid dan key yang boleh sama ataupun beda dengan AP nya.


  • Prihal penambahan interface wireless virtual yang ditambahkan tadi akan dijadikan sebagai ssid dan key wifi yang berfungsi sebagai repeater, atau penguat sinyal radio supaya client yang tidak sinyalnya tidak ter-cover oleh sinyal radio dari router akan tetap dapat terkoneksi internet melalui sinyal radio yang berasal dari repeater tersebut.
  • Langkah terakhir sesuai dengan gambar di atas adalah melakukan pengujian terhadap sinyal radio yang dihasilkan oleh repeater yang sudah kita setting sebelumnya, apakah bisa terkoneksi atau tidak. untuk lebih jelasnya akan saya demokan melalui channel youtube berikut:

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mudah setting mikrotik routerboard sebagai repeater, terima kasih sudah menyediakan waktu luangnya berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat.



0 Response to "Cara Mudah Setting Mikrotik Routerboard Sebagai Repeater"

Posting Komentar