Teori Komputer: Sejarah Perkembangan Komputer

Pada Artikel kali ini saya tertarik untuk mengulas kembali mengenai Sejarah Perkembangan Komputer dari generasi pertama sampai dengan generasi terakhir. Hal ini diulas dikarenakan masih banyak diantara kita yang masih belum mengetahui, bagaimana sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi hingga dengan saat ini.

Tentu saja komputer sudah sangat dekat dengan kehidupan kita selama ini. Baik bagi Anda sekalian yang masih bersekolah maupun sudah bekerja pasti sudah sangat dekat dengan benda yang dinamai komputer ini. Komputer yang berupa sebuah perangkat yang dapat membantu dalam mengerjakan sesuatu dalam kehidupan sehari hari baik itu dari segi berbagi informasi ataupun melakukan aktifitas pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, pelaporan dan banyak lagi lainnya.

Satu hal yang terkadang kita lupakan mengenai komputer yang selama ini sangat dekat dengan kehidupan kita adalah tidak semua orang yang dekat dengan komputer mengetahui sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.  Ibarat kita punya teman tapi kita tidak mengetahui asal usul teman kita, atau kita punya handphone tetapi tidak mengetahui spesifikasi dan fitur yang dimiliki handphone kita. Baiklah berikut ini adalah sejarah dari perkembangan komputer dari generasi komputer pertama sampai dengan saat ini.

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama ini diketahui pada saat perang dunia kedua dimana pada saat itu komputer digunakan oleh negara negara yang terlibat dengan perang dunia kedua. Penggunaan komputer oleh negara negara yang terlibat perang dunia tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kemampuanya dalam mengatur analisa dan rencana strategis dalam perang.


Dengan adanya komputer maka akan mempercepat proses perhitungan matematika dan analisa yang dapat berguna dalam perang melawan musuh. Oleh sebab itu pada masa tersebut masing masing negara berlomba lomba untuk dapat mengembangkan komputer yang mereka gunakan agar lebih maju dan unggul dari negara lainnya. Dengan demikian peningkatan pendanaan pada perkembangan komputer pada masa itu menjadi sangat besar, hal ini yang mempengaruhi cepatnya perkembangan komputer pada masa tersebut.

Komputer pada generasi pertama ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :
  • Programnya masih dibuat dalam bahasa mesin (machine language) yang tersimpan dalam memori internal komputer tersebut
  • Bahasa programnya menggunakan bahasa 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • Memiliki tabung hampa udara (vakum tube) untuk komponen elektroniknya
  • Ukuran komputernya sangat besar dan memerlukan tempat yang luas dalam penempatanya.
  • Perangkatnya masih banyak meninbulkan panas sehinga diperlukan banyak pendingin untuk menetralkan panas yang dihasilkannya.
  • Proses waktu yang diperlukan untuk melakukan satu perintah masih sangat lambat.
  • Kapasitas penyimpanan masih sangat relatif kecil.
  • Pada komputer generasi pertama ini diproduksi oleh beberapa perusahaan seperti IBM, UNIVAC, BURROGHS, HONNEYWEL. Pada komputer generasi pertama ini menggunakan mesin mesin seperti Eniac, MarkII, Edsac, MarkIII, Univac I dan UnivacII, Advac dan IBM 650.

2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Pada komputer generasi kedua ini muncul pada era sekitar tahun 1960 an, dan penggunaan nya sudah banyak bertujuan untuk industri bisnis, pada masa tersebut juga komputer mengalami perkembangan yang pesat dimana ditemukannya pendukung pendukung komputer seperti alat cetak printer, memori penyimpanan, disket dan sistem operasi.


Komputer generasi kedua ini sangat berpengaruh ketika ditemukannya transistor pada tahun 1948, dengan ditemukannya transistor pada tahun tersebut maka mempengaruhi perkembangan komputer dari segi komponen elektroniknya. Generasi komputer kedua ini mengadopsi sistem komponen transistor tersebut yang membuat lebih efektif dari pada generasi sebelumnya yang masih menggunakan tabung hampa (tube vakum).

Kelebihan dalam menggunakan komponen transistor ini terutama dari segi ukuran komputer dapat lebih kecil dari ukuran komputer generasi pertama, selain itu daya tahan transistor ini lebih baik dari vakum tube dikarenakan transistor tidak mudah terbakar dan tidak cepat panas apabila dibandingkan dengan tube vakum.

Adapun ciri ciri dari komputer generasi kedua ini adalah sebagai berikut :
  • Komputer tidak banyak menimbulkan panas pada saat dipoerasikan
  • Tujuan penggunaan komputer sudah untuk pendukung industri bisnis.
  • Sudah dapat membuat program dalam bahasa tinggi seperti fortran, Cobol, dan algol.
  • Kapasitas memori sudah lumayan besar dengan didukung oleh pengembangan magnetic core storage.
  • Sudah dapat menyimpan secara external dengan magnetic tape dan magnetic disk yang berupa bersifat removable disk
  • Telah memiliki kemampuan untuk memproses secara real time dan time sharing.

Pada saat itu perusahaan yang mengembangkan komputer generasi kedua pertama sekali adalah IBM dengan mengeluarkan komputer bernama Stretch dan kemudian diikuti Sprery-Rand dengan mengeluarkan Larc.

Beberapa jenis komputer pada generasi kedua ini adalah Univac III, IBM 7070, NCR 300, HDC 1604, Honneywell 400, Burroghs 200, dan GE635. Pada komputer generasi kedua ini mengganti bahasa pemograman yang pada generasi pertama masih menggunakan bahasa mesin diganti dengan bahasa pemograman kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia pada saat itu.

3. Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
Pada komputer generasi ketiga ini memiliki perkembangan yang paling pesat dari sejarah perkembangan komputer yang pernah ada. Sebab pada komputer generasi ketiga ini muncul antara tahun 1964 sampai dengan 1970 seiring dengan ditemukanya Inntergrated Circuit (IC) pada tahun 1959 oleh Jack Kilby. Jack Kilby mengembangkan IC sehingga dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.


Penggunaan Komponen IC ini pada komputer generasi ketiga disebabkan karena transistor yang masih digunakan pada komponen komputer generasi kedua masih menimbulkan panas yang relatif besar. Selain itu juga penggunaan transistor pada komponen komputer generasi kedua juga ditemukan banyak kasus terjadinya kerusakan internal komponen elektronik yang disebabkan oleh transistor tersebut.

Dengan beralihnya komponen transistor ke komponen IC pada komputer generasi ketiga ini maka ukuran komputer pun menjadi lebih kecil lagi dibandingkan dengan komputer generasi kedua. Selain itu pada performa kecepatan komputer generasi ketiga ini mampu lebih cepat daripada generasi sebelumnya hal tersebut disebabkan penggunaan komponen IC yang dapat meningkatkan kecepatan lebih dari 10.000 kali jika dibandingkan dengan generasi pertamanya.

Berikut ini adalah ciri ciri dari komputer generasi ketiga :
  • Komponen elektroniknya telah menggunakan IC yang dapat berbentuk Lempengan ataupun    Chip.
  • Mendukung program Bahasa Tingkat Tinggi seperti Fortran, Basic, Cobol.
  • Sudah mendukung multi prosesing yang dapat menjalankan beberapa program sekaligus.
  • Dapat terhubung denga perangkat lain dalam mengakses data seperti telepon, dan komputer lainnya.
  • Ukuran komputer lebih kecil dari generasi sebelumnya.
  • Proses dalam menjalankan perintah sudah mulai cepat.


Pada komputer generasi ketiga ini diproduksi oleh bebrapa perusahan seperti IBM, Burroghs, Honeywell, dan NCR. Dengan jenis jenis komputer hasil produksi nya antara lain IBM s/360, Univac 1108, Honeywell 200, RCA, Spectra 70.

Pada komputer generasi ketiga ini sudah ada sistem operasi Unix dan Windows walaupun grafik yang masih sangat minim pada saat itu. Selain itu pada generasi ketiga ini yang sangat paling istimewa adalah sudah mampunya menjalankan multi program yang dimonitori oleh satu program yang dapat mengontrol penggunaan memori untuk menjalankan masing masing program tersebut.

4. Komputer Generasi Keempat (1974 – 2009)
Pada komputer generasi keempat ini perkembangannya menjadi lebih baik. Banyak perusahan berlomba lomba untuk dapat mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen pada komputer tersebut. Komputer generasi keempat ini merupakan komputer yang kita temui pada saat ini. Dimana pada komputer ini menggunakan micro chip untuk menyimpan ratusan komponen elektronik didalamnya.

Penggunaan chip pada komputer tersebut memunculkan komputer komputer yang lebih cerdas dan lebih kecil ukurannya dengan kemampuan lebih baik daripada generasi sebelumnya. kemampuan tersebut dari segi kecepatan, konektivitas dengan perangkat lain, penyimpanan memori dan dari segi pemograman.


Pada tahun 1971 perkembangan IC memunculkan diterbitkannya Chip Intel 4004, yang meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer seperti memori, central processing dan kendali Input dan Output didalam sebuah chip yang berukuran sangat kecil sekali.

Dengan munculnya micro chip tersebut maka penggunaan komputer sudah dapat memenuhi beragam kebutuhan personal pribadi seseorang, sehingga penggunaan komputer sudah tidak didominasi lagi oleh perusahaan perusahaan besar lagi. Hal tersebut terjadi disebabkan harga produksi komputer sudah bisa dijangkau oleh kebanyakan orang serta fungsi den gunanya sudah dapat disesuaikan berbeda beda sesuai kebutuhan.

Adapun ciri ciri komputer generasi keempat ini adalah sebagai berikut :
  • Komponen eletroniknya sudah diperkenalkan dengan VLSI ( very large scale intergration) yaitu paduan dari IC yang memiliki kapasitas rangkaian yang dapat mencapai 100.000 komponen pada tiap tiap chip.
  • Adanya jaringan komputer lokal yang mengunakan ARCnet (attach research computer network)
  • Bahasa program mendukung basic, fortran, cobol, pascal.
  • Telah menggunakan metal oxide semiconductor
  • Memiliki sifat relatif kecil seperti yang kita jumpai saat ini.
  • Mendukung multi processing dalam menjalankan berbagai program sekaligus.
  • Adanya sistem database management system (dbms)

Pada komputer generasi keempat ini perkembangannya saat pesat pada segi penggunaan sesuai kebutuhan personal (friendy user). Dan berkembang sesuai kebutuhan terutama untuk teknologi informasi dan transfer data.

5. Komputer Generasi Kelima (2010 – Sekarang)
Perangkat komputasi generasi kelima, berdasarkan kecerdasan buatan, dan masih dalam pengembangan, meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang sedang digunakan saat ini.


Penggunaan pemrosesan paralel dan super-konduktor membantu membuat kecerdasan buatan menjadi kenyataan. Komputasi kuantum dan teknologi molekuler dan nano akan
secara radikal mengubah wajah komputer di tahun-tahun mendatang. Tujuan dari komputasi generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon input bahasa alami dan mampu belajar dan mengatur diri sendiri.

Demikianlah sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai dengan generasi terakhir saat ini. Mengingat teknologi yang terus berkembang pesat tentu saja nanti akan muncul komputer generasi selanjutnya yang lebih canggih dan lebih baik dari generasi generasi sebelumnya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Teori Komputer: Sejarah Perkembangan Komputer"

Posting Komentar