Cara Akses VPS Linux Google Cloud Dengan Putty

Cara Akses VPS Linux Google Cloud Dengan Putty

Cara Akses VPS Linux Google Cloud Dengan Putty - Sebelumnya CukupMudah.com sudah membahas mengenai cara membuat vps linux di google cloud, selanjutnya CukupMudah.com akan memberikan tutorial bagaimana cara mengakses VPS Linux Google Cloud menggunakan Putty.


VPS Linux tidak seperti vps windows yang bisa diakses menggunakan aplikasi remote desktop program seperti RDC (Remote Desktop Connection) yang berbasis GUI. Untuk dapat remote access ke vps linux diperlukan sebuah terminal khusus yakni putty.


Putty merupakan program emulator terminal SSH dan telnet berbasis open source dan dapat di unduh secara gratis melalui website resminya di https://www.putty.org. Putty mendukung beberapa protokol jaringan seperti SCP, SSH, dan Telnet. 


Sebetulnya google cloud platform sudah memiliki fitur ssh conection sendiri untuk remote access ke server virtual machine nya. Akan tetapi terminal ssh bawaan dari google cloud dirasa kurang powerfull, jadi saya lebih nyaman menggunakan tool SSH client lain seperti putty.


Cara Akses VPS Linux Google Cloud Via Putty


  • Unduh dan instal putty terlebih dahulu
  • Buka program putty
  • Masukan hostname atau ip server kamu, contoh: user_name@ipexternal

Sampai di tahap ini, jangan dulu klik Open, karena kamu belum melakukan generate private key dan public key ssh di client & server.

Jika kamu klik Open dan belum melakukan konfigurasi koneksi ssh di server dan client kamu, maka akan muncul error berikut:

No supported authentication methods available (server sent: publickey)

Untuk mengatasi hal error semacam ini kamu memerlukan sebuah private & public key ssh. Cara membuat nya adalah sebagai berikut:

  • Buka program PuTTYgen ( PuTTY Key Generator)
  • Klik Generate dan tunggu sampai proses generate public key dan private key selesai.

  • Jika sudah muncul, copy key yang di blok biru dan save public key & private key nya

  • Paste kan key hasil copy tadi ke menu metadata di konsol google cloud pada halaman https://console.cloud.google.com/compute/metadata/sshKeys dengan cara klik Add SSH keys

  • Paste dan SAVE

  • Lanjut ke program Putty yang sudah di buka sebelumnya, pilih menu Connection - SSH - Auth. Kemudian Browse dan cari file private key yang pernah kamu save hasil dari PuTTYgen

  • Barulah kamu bisa melakukan klik Open untuk mengakses server vps linux dari google cloud platform kamu.

Cara nya cukup mudah bukan. Di postingan selanjutnya CukupMudah.com akan membuat tutorial cara menggunakan file transfer protocol (ftp) di server vps linux google cloud menggunakan WinSCP.